[REVIEW Novel] the Monogram Murders : Pembunuhan Monogram – Sophie Hannah

Judul            : the Monogram Murders

Penulis         : Shopie Hannah

Alih bahasa : Lingliana Tan

Penerbit       : Gramedia Pustaka Utama

Tebal            : 370 halaman

Ukuran        : 13 x 20 cm

ISBN            : 978-602-03-0755-8


 

Novel ini merupakan novel fanfiction dengan tokoh utama yang diambil dari karangan Agatha Christie, yaitu Hercule Poirot. Dan karena ini karya fanfiction akan lebih menarik jika dibandingkan karya dari Agatha Christie. Sayangnya saya belum pernah membaca karangan Agatha Christie. Dan seperti walaupun pernah, perlu banyak membaca karya-karya Agatha Xhristie agar bisa dibandingkan dengan lebih jelas. Tentang karakter, cara bertutur, setting, dll. Dan karena saya belum membaca karangan Agatha Christie, maka dalam review ini tidak akan dicantumkan tentang perbandingan kedua penulis secara detail.

Kisah dalam novel ini sepertinya mengambil setting yang sama dengan karya asli Hercuile Poirot. Dan karena itu di dalam kasus ini tidak ada tentang CCTV, atau pemeriksaan darah yang mendetail.

Perekambangan kasusnya sendiri cukup menarik, walaupun saya sedikit bingung dengan penuturannya. Beberapa kalimat seakan tidak relevan jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, karena Poirot beberapa kali mengemukakan dengan grammar dalam bahasa inggris. Dan ini menjadi tugas penerjemah.

Secara keselurahan misterinya bagus walau saya tidak puas dengan penuturannya. Entah karena Sophie Hannah atau karena penerjemah.

Leave a comment