[REVIEW Novel] Surat untuk Ruth – Bernard Batubara

re_buku_picture_87705Judul       : Surat untuk Ruth

Penulis    : Bernard Batubara

Penerbit  : Gramedia Pustaka Utama

Ukuran    : 13,5 x 20 cm

Tebal        : 168 halaman

ISBN         : 978-602-03-0413-7


Areno (biasa dipanggil Are) pertama kali bertemu Ruth di geladak kapal feri saat senja. Perempuan bernama Ruth tersebutlah yang membuat Are jatuh cinta, namun Ruth masih merupakan misteri bagi Are, bahkan hingga pada surat terakhirnya. Ditulis dalam bentuk surat, tapi juga tidak kaku dengan surat-surat yang tanpa dialog. Lebih cenderung ke memoar.

Kisahnya menyentuh pada bagian sepertiga di belakang. Kalau Are menyatakan pembababkan percintaan dengan Ruth dibagi dalam tiga tahap, maka tahap ketiga itu yang membuat saya merasa tersentuh hatinya.

Seperti yang dikatakan Bernard Batubara sewaktu Roadshow beberapa minggu yang lalu di gramedia merdeka, Surat untuk Ruth merupakan cerita tentang mantan. Cerita tentang perpisahan kala perpisahan itu benar-benar tak diinginkan. Awalnya saya kira ini seperti novel pada umumnya yang  terjadi pada peristiwa-peristiwa realis, namun di akhir ada adegan yang saya kira masuk dalam kategori surealis, dan saya suka itu.

Ada satu hal yang aneh saat Are dan Ruth kebagian satu kamar. Setahu saya kamar hotel itu ada dua kasur (pengalaman hanya kurang dari hitungan jari di satu tangan). Kalau misal ada dua kasur berarti Are bisa tidur dengan bosnya, atau bosnya lebih suka kamar pribadi (secara dia bos) dan memang dihotel itu satu kamar terisi dari satu kasur besar. Anggap saja yang terkahir itu yang benar, sehingga pilihan Are dan Ruth dalam sekamar tidak ganjil.

Terlepas dari itu semua, setelah membaca “Surat untuk Ruth” saya jadi ingin menulis cerpen romence.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s